Istilah-istilah Atau Kode Dalam Kegiatan Club Motor

Salam Satu Aspal Bro-Sist,,,

 Kali ini admin_GC akan berbagi informasi tentang istilah-istilah atau kode dalam dunia club sebagai bikers sejati. Apa saja sih ? Apakah ada kode-kodenya ? mari cekibrooot...
Di dalam club motor ada sebuah istilah-istilah yang dimana di pakai untuk club motor dan para bikers itu sendiri seperti contohnya :
 
1. KOPI DARAT atau biasa di singkat KOPDAR
Apa sih itu kopdar ?
Ya buat para bikers pasti kalimat ini tidak asing lagi, kopdar ini yang biasanya di lakukan rutin oleh para club motor biasanya 1 minggu sekali yang tiap club berbeda-beda akan mengadakan kopdar pada hari apa. 

Ngapain aja sih itu kopdar ?
Kopdar itu di adakan untuk para anggota club tersebut berkumpul membahas acara-acara yang akan di laksanakan seperti anniversary, musyawarah daerah atau acara lainnya, ya seperti nongkrong cuma ini kita nongkrong bareng 1 organizer kalo tidak ada acara yang di bahas biasanya kopdar tersebut di isi buat membahas masalah motor atau sharing-sharing masalah motor.

Seperti gambar di bawah ini
  
2. KOPDAR KELILING atau biasa disebut KOPLING

Ko seperti bagian dari sepeda motor istilahnya ?
Ya dari club tidak jauh mengambil istilah-istilah dari bagian sepeda motor

Ngapain aja sih Kopling itu ?
Seperti Istilahnya Kopdar Keliling yang dimana para anggota club yang merasa jenuh pada basecamp atau tempat kopdar club tersebut itu mengadakan kopdar di tempat berbeda di wilayah tertentu yang tempat tersebut belum di tempati oleh club motor yang lain atau bisa di sebut kopdar seperti biasa tetapi tidak di tempat atau wilayah keberadaan club tersebut.

Seperti gambar di bawah ini :
 
3. Rolling

Langsung saja, Rolling itu kegiatan setelah kopdar tetapi tidak selalu club melakukan rolling setiap kopdarnya, rolling ini hanya di lakukan kalo dari beberapa anggota ingin mengadakan rolling di mana para anggota sudah penat duduk membahas acara" yang didiskusikan,Rolling itu yang mana mengendarai kuda besi mengelilingi kota keberadaan club tersebut, bisa di sebut touring tetapi ini cuma mutar-mutar kota /wilayah club tersebut berada dan di lakukan tidak dengan kecepatan tinggi melainkan pelan-pelan juga menyapa para club lain yang sedang melaksanakan kopdar rutin.

Seperti gambar di bawah ini :

 
 
4. Kopsan atau Kopdar Santai

Pasti beberapa pembaca sudah tau apa itu kopsan, karna penjelasan-penjelasan sebelumnya ,tetapi kami akan menjelaskan apa sih itu kopsan ? Kopsan yaitu kopdar santai ini di lakukan di luar hari kopdar bisa pagi sore malem siang ataupun seharian, disini ga ada yang di bahas yang ada hanya kegabutan para anggota club tersebut.

Seperti gambar di bawah ini :

 
5. Captain / Road Captain
Ini dia orang yang bertanggung jawab penuh sebagai Komandan dalam Touring Dialah Pemimpin taouring apabila terjadi sesuatu maka tugas Captain untuk menyelesaikan atau memutuskan, misalnya : Ketika terjadi sesuatu di jalan Apakah Touring perlu dilanjutkan atau tidak atau yang menjadwalkan kapan pulang balik, tetapi dengan adanya captain tidak menutup kemungkinan anggota club untuk memberikan masukan dan argumentnya
 
6. FOREDER
Istilah ini adalah pengawal,tetapi kalau dalam touring kita artikan sebagai pemimpin barisan, dia yang berada di depan barisan,Yang menjadi Foreder biasanya dipilih biker yang mengerti jalan dan sudah hafal medan jalan tersebut, bisa memimpin barisan dalam arti ahli mengatur kecepatan dalam perjalanan, mengatur formasi memberitahu kondisi jalan dengan kode tangan/kaki(karena dia yg paling depan) dia akan mengerti kapan kecepatan ditambah, dikurangi, berhenti, berbelok dll.
           
7. SAFETY OFFICER

Kalau dia posisinya sebagai pengaman jalur/jalan yang akan dilalui, misalnya kalau bertemu dengan simpangan atau juga menunjukkan arah yg harus diambil kalau jumlahnya rombongan sedikit biasanya tugas ini dirangkap oleh Sweeper, Safety Officer ini biasanya dipilih yang paham jalan yang akan dilalui dan tujuan perjalanan
          
8. SWEEPER
Ini tugasnya nyapu-nyapu, dialah pengawal dalam barisan touring. Dalam sebuah rombongan touring, maka harus dipilih beberapa orang (tergantung jumlah rombongan, sebaiknya tiap 8-10 orang ada seorang sweeper) sebagai pengawal sekaligus pengaman rombongan, dia biasanya di posisi paling sebelah kanan rombongan tetapi bisa berada di depan, ditengah atau belakang rombongan, dialah yang mengatur kerapihan /kerapatan barisan dan mengingatkan / mempertegas perintah dari Foreder
 
9. TECHNICAL OFFICER
Dialah yang berperan sebagai payung dalam rombongan, biasanya kalau yang lain cuma bawa baju maka dia selain bawa baju juga bawa peralatan perbengkelan, memang sangat menyenangkan kalau dalam rombongan touring ada orang yang seperti ini ikut serta, pastinya sudah ada bayangan kan bawa motor gimana ini buat technical officer ? Pastinya bawa box yang besar buat perlengkapan perbengkelannya.
 
10. KOPGAB Atau Kopdar Gabungan

Biasanya ini sudah dikoordinasikan setiap club untuk mengadakan kopdar gabungan dimana semua club berkumpul untuk melakukan kopdar bersamaan pada satu tempa.

 
 
Selain itu ada juga istilah-istilah dalam kegiatan seperti Anniversary. Musyawarah Daerah, Jamnas dll, yang pasti kami akan bahas pada postingan berikutnya.

Komentar

Postingan Populer